5 Resep Menu Sahur Praktis Dari Aneka Roti Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

5 Resep Menu Sahur Praktis Dari Aneka Roti Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

Blog -

Untuk orang Indonesia, rasanya nasi selalu jadi pilihan utama untuk disantap saat sahur. Padahal sebenarnya tidak harus demikian, loh. Teman kesayangAnns juga bisa menyantap roti sebagai pengganti nasi. Kalori roti pun hampir sama dengan nasi, yaitu berkisar 400 kalori. Jadi tidak perlu takut keroncongan saat berpuasa.

Menu yang dibuat dengan roti juga biasanya sederhana dan tidak terlalu menyita waktu untuk disajikan saat sahur. Jadi kamu bisa pilih salah satu rekomendasi menu sahur berikut ini:

  • Butter Croissant with Grilled Beef
  • Butter Croissant with Grilled Beef yang mewah ini bisa jadi menu sahurmu, lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat 4 porsi menu ini yaitu 4 potong Butter Croissant, 400 gram potongan daging sapi (sliced beef), bawang putih, garam, lada, mentega, daun selada, bawang bombay, dan tomat.

Cara membuatnya pun mudah, kamu tinggal tumis potongan daging dengan mentega, bawang putih cincang, lada hitam, dan garam secukupnya. Jangan terlalu lama, cukup 4 menit saja, lalu angkat. Setelah itu, susun potongan croissant, beef slice, selada, irisan tomat, dan bawang bombay, lalu tutup dengan potongan croissant lagi. Kalau kamu suka saus thousand island yang pedas manis, kamu bisa buat sendiri dengan campuran mayones dan saus cabai. Mudah bukan membuatnya?

Chicken Burger
Kalau teman kesayangAnns mempunyai stok ayam dan roti burger di rumah, coba buat chicken burger, yuk. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah 2 potong ayam dada, Burger Bun, lada, garam, bawang putih, perasan jeruk lemon, daun rosemary, bawang bombay, daun selada, timun, dan tomat.

Cara membuatnya: aduk potongan dada ayam dengan garam, lada, bawang putih, daun rosemary, dan perasan jeruk lemon saat sebelum tidur lalu biarkan di kulkas. Saat menjelang waktu sahur, kamu bisa panggang potongan ayamnya selama 5-10 menit. Jangan lupa untuk menumis irisan bawang bombay hingga berubah warna kecoklatan. Setelah semua matang, susun burger bun, ayam yang sudah di panggang, tumis bawang bombay, daun selada, irisan timun, dan irisan tomat. Tambahkan saus favoritmu supaya makin mantap!

Avocado Tuna Sandwich
Bosan dengan daging sapi dan ayam? Coba isi sandwich dengan tuna yuk. Rasanya juga tetap enak lho. Apalagi ditambahkan alpukat, pastinya mengenyangkan dan sehat.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan yaitu 1 Baguette panjang dipotong menjadi 6 bagian, 300 gram tuna segar, 2 buah alpukat diiris, 1 butir bawang bombay, 2 siung bawang putih, 3 buah tomat, daun parsley secukupnya, perasan jeruk lemon, garam, lada, dan margarin.

Caranya begini: campurkan potongan alpukat, tomat, daun parsley, bawang bombay, bawang putih, perasan jeruk lemon, garam, dan lada, kemudian aduk hingga rata menjadi semacam selai. Panaskan mentega, masukkan tuna dan bawang putih yang sudah dihaluskan, lalu panggang tuna selama 10 menit. Saat sudah matang, susun potongan baguette, tuna yang di grill, dan campuran alpukat dan tomat tadi, lalu tutup dengan baguette kembali. Lalu sajikan!

Mushroom Burger
Burger dengan jamur rasanya tidak kalah lezat lho. Apalagi kalau kamu sedang diet dan mengurangi konsumsi daging hewani, cocok banget untuk dijadikan santapan saat sahur. Bahan-bahan yang kamu perlukan yaitu Burger Bun, irisan jamur champignon (atau jamur kesukaanmu) sebanyak 200 gram, ½ butir bawang bombay, 1 bawang putih digeprek, 1 sendok makan kecap inggris, garam, dan lada hitam.

Cara membuat burger jamur cukup mudah, pertama-tama tumis bawang putih cincang dan bawang bombay hingga harum. Setelah itu masukkan irisan jamur, garam, lada hitam, dan kecap inggris. Jika sudah agak layu, matikan kompor. Susun roti dengan selada, tumis jamur, dan tutup kembali dengan roti. Lalu sajikan hangat saat waktu sahur.

Sandwich Telur Keju
Kalau kamu ingin sahur dengan telur, coba buat resep sandwich telur keju. Bahan yang perlu kamu siapkan adalah 1 potong Baguette, telur, 150 gram keju cheddar parut, telur, mayones, timun, tomat, garam, lada, kaldu ayam bubuk, dan mentega.

Cara buatnya cukup simpel, teman kesayangAnns. Pertama-tama Iris 1 potong Baguette panjang menjadi 6 bagian. Kemudian kocok 3 telur dengan 1½ sendok teh garam, 1 sendok teh lada, 1 sendok teh kaldu ayam bubuk, dan parutan keju 1 cangkir. Goreng telur hingga matang. Susun roti baguette dengan isian telur dadar keju, saus mayonnaise, irisan timun, dan irisan tomat segar. Selesai deh!

Itu dia 5 resep sederhana dari roti yang bisa kamu contek untuk menu sahur nanti malam. Lezat bukan?

Nah, kalau kamu belum punya stok roti seperti Burger Bun, Baguette, atau Croissant di rumah, kamu bisa mendapatkannya di Ann’s Bakehouse & Creamery. Yuk, pesan dengan menghubungi WhatsApp kami +62 811-114-960 atau pesan via website di sini. Kalau sempat, kamu juga bisa mampir langsung toko kami ke Jl. Sungai Sambas 3 No.12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Share