Delivery Same Day (12.00-17.00 WIB) pembayaran max. pk 10.00 WIB | Delivery H+1 (08.00 - 12.00 WIB) pembayaran max. H-1 pk 16.00 WIB
Ada 4 Varian Apple Pie Yang Bisa Menemani Hari Kalian, Pilih Yang Mana?

Ada 4 Varian Apple Pie Yang Bisa Menemani Hari Kalian, Pilih Yang Mana?

Apple pie dengan crust yang renyah, cukup tebal, tapi tetap lembut di mulut. Kemudian rasa buah apel segar yang dilumuri kayu manis pastinya bisa untuk kamu nikmati kapanpun juga!

Tapi, bagaimana sih awal mulanya cerita Apple Pie ini? Yuk, kita lihat bareng-bareng!

Untuk memulai cerita kita hari ini, perlu dimengerti bahwa Apple Pie merupakan salah satu makanan terpopuler di Amerika Serikat. Dikenal sebagai salah satu comfort food favorit di sana, penduduk Amerika memiliki beberapa macam Apple Pie yang berbeda.

Pada awal mulanya, hidangan penutup ini dibawa ke koloni-koloni yang berada di dataran Amerika Serikat oleh orang-orang Inggris, Belanda, dan Swedia pada abad ke-17 dan 18. Pada masa itu, mereka menggunakan apel yang tumbuh di Eropa. Mereka tidak bisa menggunakan apel khas Amerika yang tumbuh secara alami di sana karena buahnya kecil dan rasanya asam. Karena itu, mereka harus menggunakan bibit apel yang dibawa dari negara-negara Eropa ini untuk mendapatkan rasa apel yang manis. Di saat yang bersamaan, pie yang biasanya dibuat oleh koloni-koloni di Amerika biasanya dibuat menggunakan daging di dalamnya.

Hanya setelah buah apel dari bibit yang dibawah dari Eropa ini tumbuh dan mulai merajalela, baru koloni-koloni yang ada di Amerika bisa membuat Apple Pie khas mereka sendiri! Dan sejak abad ke-18 inilah resep-resep Apple Pie mulai disebarluaskan dan menjadi hidangan penutup yang populer.

Meskipun ini adalah hidangan khas Amerika, ayo kita lihat beberapa variasi dari Apple Pie di negara lain!

Dutch Style

Apple Pie dengan gaya Belanda ini sebenarnya dapat ditemukan di abad pertengahan. Di tahun 1514, ditemukan satu buku resep yang memiliki resep Appeltaerten yang berarti tart apel, atau Apple Pie!

Yang istimewa dari gaya Belanda ini adalah perbedaan di tekstur pie-nya, tidak terlalu banyak perbedaan di rasa. Yang penting dari Apple Pie khas Belanda ini adalah ada kulit garing di bagian bawah dan samping dari pie-nya. Kulit, atau crust ini kemudian akan diisi dengan potongan apel yang renyah dan manis. Kemudian, kayu manis dan gula ditambahkan ke dalam bagian tengah pie ini. Terakhir, pie ini ditutup dengan adonan pie untuk menutupi bagian dengan campuran apelnya!

Apple Pie khas Belanda ini bisa dimakan baik dalam keadaan dingin maupun hangat. Biasanya ditambahi dengan whip cream atau es krim vanilla.

English Style

Apple Pie khas Inggris dapat ditemukan sejak tahun 1381 dan memang dikenal sebagai resep tertua di dunia.

Di buku resep itu tertulis bahwa resepnya adalah:

- Apel yang bagus

- Rempah-rempah

- Buah ara

- Kismis

- Buah Pir

Untuk kulit dari pie-nya biasanya diberikan kunyit untuk memberikan warna yang lebih menarik. Meskipun begitu, Apple Pie khas Inggris jaman sekarang biasanya menambahkan lapisan-lapisan yang manis, seperti dari apel. Hal ini dilakukan agar bagian tengah dari apelnya sendiri tidak terlalu lembek.

Apple Pie khas Inggris ini biasanya dimakan sebagai hidangan penutup. Meskipun dinikmati secara dingin ataupun hangat, biasanya dimakan dengan es krim atau double cream.

French Style

Apple Pie khas Perancis ini sangat menarik karena dibuat menjadi terbalik. Buah-buah yang dicampur bersama apel ini dikaramelisasi agar menjadi sangat manis. Kemudian, sering juga pie ini dibuat menggunakan sayur-sayuran atau buah-buahan lain. Meski begitu, hidangan ini masih diberi nama Apple Pie.

Swedish Style

Apple Pie khas Swedia merupakan varian dari Apple Crumble, jadi bentuknya tidak persis seperti pie pastry. Biasanya, remah-remah roti menjadi bahan utama untuk menggantikan tepung. Kadang juga mereka menggunakan rolled oats (seperti Quaker Oats begitu tapi yang versi belum matang).

Bagian dalamnya biasanya diisi apel dengan tambahan kayu manis. Dihidangkan dengan es krim ataupun krim vanilla, hidangan penutup ini merupakan varian yang memberikan rasa renyah yang sedikit berbeda dengan Apple Pie khas negara lain.

Selain itu, juga ada Apple Cake khas Swedia. Tidak menggunakan pie sebagai dasar hidangannya, Apple Cake menggunakan Sponge Cake sebagai dasarnya!

Bagaimana dengan kalian? Pie khas mana yang kira-kira kalian sukai? Yang manapun itu, kalian bisa memesan Apple Pie kalian di Ann’s Bakehouse and Creamery sekarang juga! Pastinya akan kami antar ke tempat yang kalian inginkan!

Share