For any enquiries, please contact our new whatsapp number +62-811-114-960. Our website remains open 24/7 for placing an order.
Coklat itu Berasal Dari Mana Sih?

Coklat itu Berasal Dari Mana Sih?

Blog -

Siapa yang tidak suka coklat sih? Bagi kalian yang tidak suka dengan rasa coklat, kalian harus paling tidak mencoba Coco Cake atau kue coklat dari dapur Ann’s Bakery! Ada yang penasaran nggak sih, bagaimana ceritanya kok coklat itu bisa jadi makanan, bahkan dicampur ke dalam kue?

Menurut para arkeolog, coklat telah menjadi hidangan sejak tahun 1750 SM di situs arkeologi Olmek. Peradaban kuno ini membuat coklat sebagai minuman mereka. Coklat, atau dalam bahasa Inggrisnya Cocoa, disebut oleh orang-orang Olmek sebagai Kakawa. Dari sanalah kita mendapat turunan bahasa tersebut.

Di suatu daerah bernama Chiapas, di Meksiko, situs arkeologi Mokaya membuktikan bahwa tradisi coklat sebagai minuman ini datang sejak tahun 1900 SM, bahkan sebelum orang Olmek. Tetapi tidak seperti orang Olmek, orang Mokaya menjadikan minuman dari biji kakao ini sebagai minuman yang mengandung alkohol.

Suatu hal yang cukup mengerikan, peradaban Maya dan Aztec memadukan buah kakao, dan minumannya, dengan tumbal. Coklat dijadikan hidangan ketika mereka mengorbankan seseorang. Hii, serem juga yah.

Lompat ke abad ke-16, Christopher Colombus menemukan biji kakao dalam perjalanannya ke benua Amerika di tahun 1502 ketika ia menemukan sebuah kapal yang berisi barang-barang untuk diperdagangkan. Ketika ia kembali ke Eropa, timbullah sebuah tren dimana orang-orang menjadi suka sekali dengan coklat. Mirip seperti yang terjadi dengan minuman boba di kota-kota Indonesia sekarang, sih. Sekitar 100 tahun kemudian, kata “chocolate” masuk menjadi bahasa Inggris resmi karena begitu banyak penggemar coklat.

Dikenal sebagai “Dutch Cocoa,” minuman coklat ini akhirnya diproses di mesin dan dijadikan bentuk padat dan bisa dimakan oleh pecinta coklat. Joseph Fry di tahun 1847 menemukan bahwa bentuk coklat dapat diubah dengan mencampur bubuk kakao, gula, serta mentega yang terbuat dari coklat. Dari sini, perusahaannya menciptakan coklat batangan untuk dijual secara massal. Penjualan coklat dalam bentuk batangan ini juga biasanya dicampur dengan susu agar rasa buah kakao yang terlalu pahit tidak terlalu terasa. Pencampuran susu dan coklat inilah yang membuat Daniel Peter dan Henri Nestlé terkenal. Tentunya kalian pernah mendengar tentang perusahaan Nestlé yang mendunia ini kan?

Satu hal menarik tentang campuran coklat dan susu ini adalah ia merupakan sumber yang sangat baik untuk riboflavin, vitamin B12, mineral, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Nah, bagi kalian yang memang suka dengan coklat, kalian harus mencoba Coco Cake dari Ann’s Bakery! Kue coklat yang lembut, rasa manis yang tepat, dan ledakan rasa dari buah kakao yang pasti membalut lidahmu dengan sempurna, semua ini bisa kamu temukan di Coco Cake! Datang ke toko atau beli cake ini online, dan rasakan bedanya. Kamu bisa mendapatkan kue ini dengan gratis ongkir selama bulan Februari hingga akhir maret! Untuk kue ulang tahun, kue perayaan sebuah event, atau apapun acara yang sedang kamu punya, Coco Cake ini pasti enak!

Jangan lupa juga untuk langsung memasukkan kue ini ke kulkas ketika kamu terima. Coco Cake akan tahan dan tetap fresh di dalam kulkas selama 4-5 hari!

Share